Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

PENDAKIAN GUNUNG (MOUNTAINEERING)


A.PENDAHULUAN
Banyak orang mengartikan pegunungan sebagai tempat yang menyediakan berbagai tantangan dan petualangan yang mungkin tiada tandingannya , terutama bagi penggemar olahraga pendakian gunung. Mereka selalu merasakan petualangan yang sangat menantang dengan menyelusuri rute – rute yang ada di pegunungan. kegiatan tersebutdinamakan pendakian gunung atau mountaineering .

B.DEFINISI PENDAKIAN GUNUNG
Pendakian gunung adalah suatu olahraga keras, penuh petualangan, dan membutuhkan keterampilan, kecerdasan , kekuatan ,serta daya juang yang tinggi . Dalam arti luas, pendakian gunung berarti suatu perjalan, mulai dari hill walking
sampai dengan ekspedisi pendakian ke puncak – puncak yang tinggi dan sulit hingga memerlukanwaktu yang lama, bahkan sampai berbulan – bula .

C.SEJARAH PENDAKIAN GUNUNG
Sejarah pendakian gunung tahun 1492 diawali oleh sekelompok orang perancis di bawah pimpinan Anthoine de Ville yang memanjat tebing Mont Aigulle (2097m) di kawasan Vercors Massif . Tahun 1623 Yan carstensz adalah orng eropa pertama yang melihat pegunungan yang sangat tinggi dan bersalju di pedalaman Irian . Tahun 1624 masih berkaitan dengan pekerjaan juga , pastor –pastor Jesuit merupakan orang – orang eropa pertama yang melintasi pegunungan Himalaya , tepatnya Mana Pass . Tahun 1760 profesor de saussure agaknya begitu jatuh cinta kepada Mont Blanc di perbatasan Prancis – Italia . Oleh karena itu,  ia menawarkn hadiah besar bagi siapa saja yang dapat menemukan lintasan ke puncaknya.

D.JENIS PENDAKIAN GUNUNG

1. HILL WALKING
Hill Walking adalah sebuah kegiatan menjelajahi daerah perbukitan yang biasanya tidak terlalu tinggi dengan derajat kemiringan rata – rata di bawah 450.

2.SCRAMBLING
Scrambling merupakan kegiatan pendakian gunung diwilayah dataran tinggi pegunungan yang lebih tinggi dari bukit dan kermiringannya lebih ekstrem kira – kira 450.

3.CLIMBING
Climbing berbeda dengan hiking dan scrambling. Perbedaannya terletak pada persoalan dibutuhkan – tidaknya alat bantu . Kegiatan olahraga alam ini menggunakan wahana tebing batu yang kemiringannya lebih dari 800.


E.TEKNIK PENDAKIAN GUNUNG

1.SISTEM PENDAKIAN GUNUNG
Dalam pendakian gunung ada 2 sistem pendakian yang dikenal banyak pencinta alam, yaitu himalaya system dan alpine system.

2.PERALATAN PENDAKIAN GUNUNG
a. Ransel digunakan untuk membawa segala peralatan yang di butuhkan dalam    pendakian
b.Sepatu gunung
c.Pakaian gunung Pakaian gunung terdiri atas baju gunung dan celana gunung .
d.Botol air
e.Tenda
f.Rantang masak outdoor (Misting)
g.Kompor lapangan
h.Topi rimba
i.Peta 
j.Kompas
k.Pisau


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar